Musrenbangdes RKPDesa 2019

PARLI 01 Oktober 2018 19:49:53 WIB

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) desa adalah forum musyawarah tahunan  desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbangdes merupakan forum perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik, yaitu pemerintah desa, bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi. Karena itu, Musrenbang juga merupakan forum pendidikan warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.

Konsep “musyawarah” menunjukkan bahwa forum Musrenbang bersifat partisipatif dan dialogis. Musyawarah merupakan istilah yang sebenarnya sudah mempunyai arti yang jelas merupakan forum untuk merembugkan sesuatu dan berakhir pada pengambilan kesepakatan atau pengambilan keputusan bersama, bukan seminar atau sosialisasi informasi.

Pada hari selasa, 01 Oktober 2018 bertempat di Balai Desa Ngadimulyo diadakan musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes) dengan agenda pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) tahun 2019. Musyawarah ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait baik dari kecamatan maupun dari Desa Ngadimulyo. Hadir pada acara ini yaitu Camat Kampak, Tim Pendamping Desa, BPD, LPM, Kepala Dusun dan perwakilan warga dan kelompok perempuan.

Acara ini dibuka oleh Kepala Desa Ngadimulyo, Bapak ADI USMANTO yang mengemukakan pandangan-pandangan terhadap visi ke depan pembangunan desa yang Ia pimpin. Dalam sambutannya Kepala Desa menekankan disiplin dan partisipasi semua unsur dalam memberikan masukan terhadap rencana pembangunan desa. Dengan menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat, Kepala Desa ingin dana desa yang begitu besar tidak hanya untuk pembangunan fisik berupa rabat jalan namun juga untuk pembangunan manusia. Hal senada dilontarkan oleh Camat Kampak Bapak Drs. HARIYADI bahwa pentingnya membangun pola pikir masyarakat dan pembuat kebijakan bahwa pembangunan manusia jauh lebih penting dilakukan untuk investasi jangka panjang.

 

Ditemui secara terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Ngadimulyo Bpk. AGUS SANTOSA membenarkan apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Ngadimulyo. “Memang betul, sudah saatnya pembangunan kita arahkan kepada pemberdayaan dan investasi jangka panjang. “Sudah saatnya pembangunan manusia menjadi fokus untuk pembangunan di Desa kita ini”, imbuhnya.   

Kegiatan musrenbangdes RKPDes Desa Ngadimulyo berakhir pada siang hari dengan mengelurkan beberapa keputusan tentang Rencana  pembangunan tahun 2019 yaitu bidang pemerintahan Desa, Bidang Pembangunan . Selalin itu juga kegiatan Pembinaaan ,  pemberdayaan pemuda melalui Karang Taruna , PKK, Posyandu dan banyak kegitan lainnya. Sehingga diharapkan apa yang menjadi cita-cita Kepala Desa yang tertuang dalam visi dan misinya bisa terwujud pada masa pemerintahannya.  

        TAHAPAN PASCA MUSRENBANG DESA

  • Rapat kerja tim perumus desa untuk penerbitan berita acara musrenbang berikut lampiran-lampirannya termasuk daftar usulan kegiatan yang akan diajukan ke kecamatan untuk diusulkan pendanaannya  ke musrenbang kecamatan.)
  • Penerbitan SK Kades untuk dokumen RKPDes
  • Penerbitan SK Kades untuk Tim Delegasi Desa peserta musrenbang kecamatan
  • Pembekalan Tim Delegasi desa oleh Tim Perumus / Penyusun agar  menguasai data/informasi dan penjelasan mengenai usulan yang akan dibawa tim delegasi ke Musrenbang kecamatan; serta  penguatan kemampuan lainnya (wawasan, teknik komunikasi, presentasi).
  • Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPB Desa) dengan mengacu pada dokumen Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa).

Komentar atas Musrenbangdes RKPDesa 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngadimulyo

tampilkan dalam peta lebih besar