LOKAKARYA MINI LINTAS SEKTOR KECAMATAN KAMPAK TRIBULAN II TAHUN 2023

PARLI 22 Juni 2023 11:12:34 WIB

Rabu, 21 Juni 2023, bertempat di Aula Lantai 2 Gedung Rawat Jalan Puskesmas Kampak telah dilaksanakan Lokakarya Mini Lintas Sektor Kecamatan Kampak Tribulan II Tahun 2023. Hadir pada acara tersebut Camat Kampak, Kepala Puskesmas Kampak beserta jajarannya, Wakapolsek Kampak, Koramil Kampak, Kepala Desa beserta Ketua Pokja Desa Siaga Aktif, Korwil Dinas Pendidikan, K3S Kecamatan Kampak, Kepala Sekolah & Guru UKS SMP/MTs dan SMA se-Kecamatan Kampak.

Camat Kampak Ibu dra. Hasnawati dalam sambutannya menyampaikan agar semua instansi mengambil peran untuk menciptakan lingkungan sehat baik lingkungan rumah dan lingkungan kantor. Pihak sekolah  bisa memberikan pendidikan khusus kepada siswa terkait pengelolaan sampah, agar mereka paham sejak dini bagaimana cara memilah sampah, manfaat sampah organik dan lain-lain. Sedangkan untuk pemerintah desa juga bisa membuat program-program yang mendorong penciptaan lingkungan yang sehat.

Mengingat sebentar lagi bulan Agustus, maka kegiatan-kegiatan sekiranya bisa di konsep dengan tema Peringatan HUT RI Ke-78 “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Hal ini juga sebagai sarana sosialisasi tentang Nasionalisme & Cinta Tanah Air Indonesia.

Kepala Puskesmas Kampak Bapak dr. Sunarsono memaparkan Analisa Situasi, Pelaksanaan Kegiatan dan Capaian Kegiatan dari Januari – Juni 2023. Pelayanan kesehatan masyarakat berdasarkan amanat pancasila dan undang-undang didasarkan pada siklus hidup, yaitu sejak dalam kandungan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Upaya pemenuhan hak kesehatan tersebut memerlukan kerjasama dan dukungan lintas sektor, karena permasalahan kesehatan sangat dipengaruhi oleh kondisi non-kesehatan seperti ekonomi, pernikahan dini (anak), pendidikan dll. Pada tahun 2023 ini, upaya pembinaan dan pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) terus dilakukan. Kegiatan yang sudah terlaksana antara lain Kampanye Gerakan Cegah Stunting, Sosialisasi Pengendalian Penyakit Prioritas (Kardiovaskuler, Diabetes Melitus dan TBC), Germas di Sekolah (SD), Kampanye Aksi Bergizi, Edukasi Gizi Seimbang “Isi Piringku” dll. Kampanye Germas ditujukan untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit termasuk Penyakit Tidak Menular. Pembudayaan Germas ini menindaklanjut Surat Edaran Bupati Trenggalek Nomor: 050/962/35.03.026/2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Forum Desa Siaga Aktif di masing-masing desa juga diharapkan terus menggerakkan pembudayaan Germas. Sebagai tindak lanjut Deklarasi Lintas Sektor Gerakan Cegah Stunting, maka untuk dukungan kebijakan dan anggaran dari pemerintah desa untuk dapat terus dilanjutkan sebagai upaya mewujudkan desa “Nol” Stunting baru. Pembudayaan Germas di Sekolah dan Aksi Bergizi dapat dilakukan rutin setiap minggu sekali. Siswi SMP/MTs dan SMA sangat penting untuk minum Tablet Tambah Darah seminggu sekali sepanjang tahun untuk mencegah anemia. Harapannya, siswa – siswi bisa terus sehat dan prestasinya meningkat.

Pertemuan dilanjutkan dengan sesi diskusi, saran dan masukan dari lintas sektor. Sekretaris Desa Ngadimulyo, PLKB Kampak, Ketua K3S Kampak dan Kepala Sekolah SDN 2 Timahan juga menyampaikan beberapa usulan dan saran terkait kegiatan kesehatan di desa dan di sekolah.

Komentar atas LOKAKARYA MINI LINTAS SEKTOR KECAMATAN KAMPAK TRIBULAN II TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngadimulyo

tampilkan dalam peta lebih besar